Monday, December 3, 2012

Cara Membuat Blog Baru SEO Friendly Lengkap

Cara Membuat Blog Baru SEO Friendly Lengkap - Hari ini Blog SEO akan berbagi sebuah informasi menarik dan penting untuk kamu seputar membuat blog menjadi SEO friendly. Judul yang akan digunakan pada artikel ini adalah Cara Membuat Blog Baru SEO Friendly Lengkap.

membuat blog seo friendly

Blog saat ini adalah media yang paling populer dikalangan remaja hingga dewasa. Blog ini biasanya digunakan untuk berbagi sesuatu yang kita punya dan ada juga orang membuat blog untuk mencari uang. :)

Banyak blog yang sudah terkenal, trafficnya melimpah, dan earningnya pun pasti WOW. Bagaimana cara membuat blog seperti itu? Cara nya ialah menggunakan dan membuat blog menjadi SEO friendly. Tetapi tahap ini harus dilakukan ketika kamu baru dalam membuat blog. Karena blog baru itu dapat kita jadikan pondasi yang kuat ketika blog kita sudah besar nanti.

Sama seperti rumah, kita harus membuat pondasi yang kuat agar ketika kita membangun lagi rumah itu tetap kokoh dan tahan lama. Sama halnya dengan blog, jika pondasi nya kuat, maka kedepannya artikel kamu SERP Google dapat bertahan lama di halaman pertama atau Page One.

Nah, bagi kamu yang baru buat blog, dan ingin blog kamu cepat terkenal, kamu harus melakukan hal-hal berikut (ini untuk blog baru):

  • 1. Tentukan niche blog
    Hal yang harus dilakukan pertama-tama adalah menentukan niche blog. Niche itu adalah tema blog yang akan diambil. Misalnya, kamu membuat blog dengan tema Download Game, atau Tips dan trik blog, kesehatan, bola, berita teknologi dan lain-lain.

  • 2. Tentukan judul dan url blog yang unik dan singkat
    Setelah menentukan niche pada blog Anda, usahakan judul dan url blog Anda dibuat secara unik dan singkat. Maksud dari 'unik' ini adalah membuat berbeda dari judul maupun url blog yang lain agar blog Anda cepat terindex oleh Google. Selain itu, dari url dan blog yang unik ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan sitelink dari google dengan cepat. Sedangkan 'singkat' yang dimaksud adalah membuat url dan judul blog Anda yang mudah diingat. Minimal 2-3 kata cukup lah. Oh ya sekedar catatan, mungkin untuk judul dan blog yang 'unik' saya maksud adalah untuk blog yang niche gado-gado. Jika Anda ingin membuat niche khusus, minimal masukkan 1 kata kunci dalam url dan judul blog Anda agar mempunyai nilai lebih pada hasil SERP blog Anda nantinya. Hal ini karena bagi yang menembak keyword dengan niche yang spesifik tentu lebih mudah dan dimulai dari keyword on domain dan title tag. Namun jika blog dengan niche campuran Anda bisa saja membuat keyword bentuk lain yang tidak perlu Anda masukkan keyword khusus dala url dan judul blog Anda karena keyword yang Anda tembak berbeda-beda, setidaknya url dan judul blog Anda melambangkan apa yang akan dibahas pada blog Anda tersebut.

  • 3. Biarkan blog selama seminggu
    Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin cepat menanamkan backlink cepat dalam blognya. Ya, maksudnya membiarkan rehat minimal selama 1 minggu adalah untuk menunggu blog Anda crawl terlebih dahulu untuk segera diindex oleh mbah Google nantinya. Jika tidak begini mungkin jika Anda langsung membuat artikel dan langsung menanamkan backlink pada artikel tersebut mungkin dikira Google blog Anda merupakan blog spam yang secara tidak langsung dianggap 'boom link'.

    Selama masa rehat tersebut Anda dapat mempersiapkan postingan Anda untuk nantinya diposting dan juga menanamkan backlink sedikit demi sedikit pada url homepage blog Anda agar lebih cepat diindex nantinya. Barulah jika dirasa blog Anda di index google dengan cara mengetik di google "site:url blog Anda" tanpa tanda kutip, barulah Anda membuat posting rutin setiap harinya dan Anda tanam backlink sedikit demi sedikit secara rutin pula.

  • 4. Rajin posting artikel yang original
    Setelah melakukan dua hal diatas, saatnya tugas kamu membuat artikel sesuai niche yang kamu pilih dengan artikel yang original atau hasil pikiranmu sendiri (tidak copy paste/copas). Google suka dengan konten-konten yang original. Dalam memposting artikel, kamu harus teratur dan terjadwal, jangan sekali-kali memposting artikel 10 post/hari karena itu membuat blog kamu menjadi SPAM dimata Google. Maximal 3-4 post/hari.

    Sedikit tips untuk artikel Anda, jangan gunakan banyak keyword stuffing, hidden link, dan farm link (link yang merujuk ke banyak postingan tetapi anchor tidak sesuai dengan apa yang dibahas), dan blackhat lainnya. Keyword stuffing adalah penanaman keyword secara berlebihan dalam artikel Anda. Lha terus bagaimana cara ngitung keywordnya? Mungkin bisa diambil dari keyword density sekitar 2-3%. Anda bisa menggunakan keyword density checker otomatis di google. Untuk hidden link, mungkin sampai saat ini saya belum pernah menemukan teman-teman yang artikelnya diblacklist oleh google karena hidden link ini. Tapi jangan pernah beranggapan gak punya dampak negatif, pasti ada kok, toh karena hidden link ini masuk dalam webmaster guidelines.

  • 5. Rajin ping blog
    Dalam ping blog ini, bertujuan untuk memberitahu ke Searc Engine bahwa blog kamu telah melakukan pembaruan atau update. Jadi dapat membantu mempercepat artikel terindeks Google. Contoh website untuk ping blog seperti, Pingler.com | Pingomatic.com | Googleping.com.

  • 6. Submit blog kamu ke Search Engine
    Submit blog ke Search Engine ini berfungsi agar blog kamu dapat dikenali oleh search Engine. Google, BING, Yahoo!. Lalu jangan lupa submit sitemap pada masing-masing Webmaster masing-masing.

  • 7. Cari backlink yang relevan dan berkualitas
    Backlink merupakan suatu unsur penting dalam masa pembangunan blog baru. Cara mendpatkan backlink ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu bertukar link dengan blog lain yang seniche atau setema dengan blog kamu. Jangan lupa juga untuk bertukar link dengan blog yang Page Rank nya tinggi.

  • 8. Pakai template yang SEO friendly
    Dalam hal membuat blog baru seo friendly, template juga turut membantu. Buatlah template blog kamu se-SEO friendly mungkin. Dari Meta tag nya, keringanan template dan struktur tag heading nya (H1, H2, H3, H4, H5, H6).

  • 9. Rajin submit artikel ke Social Bookmark yang ber-PR
    Setelah kamu membuat artikel, kamu harus men-submit artikel kamu ke Social Bookmark yang ber-page rank tinggi. Tapi ingat, kamu harus menunggu artikel yang ingin disubmit benar-benar terindeks sama Google.
Nah, sekian tips dan cara dari saya, cara atau tips diatas merupakan hasil pencarian saya di Google dan hasil pemikiran saya sendiri. Jadi jika ada kesalahan, mohon bantuannya agar saya dapat memperbaikinya. Karena saya masih newbie. Sekian dari saya tentang Cara Membuat Blog Baru SEO Friendly Lengkap, semoga dapat bermanfaat. TERIMAKASIH!

No comments:

Post a Comment