Friday, February 1, 2013

Cara Membuat Email dengan Mudah | Gmail dan Yahoo

Cara Membuat Email dengan Mudah | Gmail dan Yahoo - Hari ini Blog SEO akan berbagi sebuah informasi menarik dan penting untuk kamu seputar cara membuat email, baik itu email Gmail Google atau email Yahoo!. Judul yang digunakan pada artikel ini adalah Cara Membuat Email dengan Mudah | Gmail dan Yahoo.

Di zaman yang sudah serba canggih ini, kita tidak lagi berkomunikasi jarak jauh dengan surat (meskipun masih ada segilintir orang yang menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh). Teknologi yang berkembang pesat membuat 98% orang didunia mulai meninggalkan surat-menyurat.

Banyak pilihan yang diberikan kecanggihan teknologi saat ini, bisa melalui Handphone, Facebook, Twitter, dan Email. Nah, topik yang akan kita bahas sekarang adalah Email. "Apa itu Email?", "Bagaimana cara membuat email", dan "Bagaimana cara mengirim email?". Ketiga pertanyaan tersebut akan kita bahas satupersatu dibawah.

Pengertian Email

Kamu belum tahu apa itu Email? Email adalah surat elektronik yang memungkinkan bagi penggunanya untuk berkirim pesan melalui jaringan internet. Jadi, dari kamu yang dulunya berkirim surat, bisa mencoba menggunakan email. Mengapa saya merekomendasikan menggunakan email? Karena cara penggunaan email ini sangat mudah. Tidak seperti surat, harus melalui pos untuk mengirimnya. Email tidak memakai cara itu lagi, kamu cukup menulis apa pesan yang ingin kamu kirim, lalu tinggal menekan tombol "SEND". Pesan langsung terkirim ke email penerima. Keuntungan dari penggunaan email ini adalah Berkirim pesan menjadi lebih cepat, lebih hemat, lebih praktis, dan aman.

Cara Membuat Email

Setelah kamu tahu pengertian dari email dan ingin mencoba menggunakan email sebagai alat berkirim pesan, sekarang saya akan memberitahu bagaimana caranya membuat email dengan mudah dan cepat. Email yang akan dibuat adalah Email Gmail Google dan Email Yahoo!. Mari kita mulai:

Cara membuat email Gmail Google
cara membuat email
1. Masuk ke alamat: http://mail.google.com/?hl=id.

2. Pada sudut kanan atas, tekan tombol BUAT AKUN.

3. Isi data yang diperlukan seperti gambar disamping. Untuk kolom HP harus diisi, karena nantinya verfikasi akan dilakukan lewat telepon. Jika sudah, tekan Langkah Berikutnya

4. Lalu, kamu akan masuk pada halaman Verifikasi Akun Anda. Pilih Pesan Teks (SMS) dan tekan tombol Lanjutkan.

5. Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirim ke HP kamu dan tekan tombol Lanjutkan.

6. Setelah itu, langsung saja kamu tekan tombol Lanjutkan ke Gmail.

7. Selamat akun email Gmail Google milik kamu sudah jadi!

Cara membuat email Yahoo!
1. Masuk ke alamat: http://id.yahoo.com/?p=id.

2. Pada bagian kanan atas, tekan tombol Buat Account.

3. Isi data yang dibutuhkan dengan lengkap seperti gambar dibawah. Lalu tekan tombol Buat Akun Saya.
cara membuat email

4. Setelah itu, kamu harus membuat 2 pertanyaan rahasia dan jawabannya. Fungsinya adalah, ketika kamu lupa password email Yahoo!, kamu harus mengisi jawaban dari pertanyaan yang kamu untuk membuat password email yang baru. Jadi kamu harus mengingat jawaban dari 2 pertanyaan yang kamu buat ini. Jika sudah, isi kode yang ditampilkan dan tekan tombol Selesai.

5. Langsung saja tekan tombol Persiapan Awal.

6. Selamat akun email Yahoo! milik kamu sudah jadi!

Setelah membuat akun email gmail dan yahoo, sekarang kamu harus tahu bagaimana caranya berkirim pesan melalui email. Silahkan simak caranya dibawah ini:

Cara Berkirim Pesan Melalui Email
Percuma saja jika kamu sudah membuat email gmail atau email yahoo! tapi kamu tidak menggunakannya. Perlu saya tekankan disini, bahwa jika kamu ingin berkirim pesan, orang yang ingin kamu kirimkan pesan juga harus mempunyai email, tidak masalah dia punya email gmail atau yahoo atau yang lainnya, yang penting punya email. Nah, berikut langkah-langkah bagaimana cara berkirim pesan melalui email:

Cara Berkirim Pesan melalui Email Gmail
1. Masuk ke alamat: http://mail.google.com/?hl=id.

2. Login ke akun yang telah kamu buat tadi.

3. Tekan tombol merah TULIS.

4. Pada kolom Kepada, isi dengan email orang yang ingin kamu kirimkan pesan. Kolom Subjek isi dengan judul pesan. Lalu pada kotak kosong besar dibawahnya, isi dengan pesan yang ingin kamu kirim. Jika sudah, tinggal tekan tombol Kirim.

5. Berikut contohnya.
cara membuat email

Cara Berkirim Pesan Melalui Email Yahoo
1. Masuk ke alamat: http://id.yahoo.com/?p=id.

2. Pada menu bagian kiri, tekan menu Mail.

3. Tekan tombol Tulis pada bagian kiri atas menu.

4. Pada Ke isi dengan email orang yang ingin kamu kirimkan pesan. Kolom Judul isi dengan judul pesan kamu. Dan pada kotak kosong besar dibawah nya isi dengan pesan yang ingin kamu kirim. Tambahan, jika kamu ingin menggunakan emoticon, cukup tekan gambar :) lalu pilih emoticon yang kamu suka.

5. Selanjutnya tekan tombol Kirim. Lihat contohnya dibawah.
cara membuat email

Bagaimana, sudah mengerti bukan cara membuat email ? Semoga kamu mengerti, karena ulasan yang saya bahas sudah mencakup semuanya. Oh iya, sekilas info, akun email gmail dan yahoo ini bisa dijadikan sebagai akun untuk membuat blog yang akan saya bahas, dihari selanjutnya.

Sekian dari saya tentang Cara Membuat Email dengan Mudah | Gmail dan Yahoo, semoga dapat bermanfaat. TERIMAKASIH!

No comments:

Post a Comment